Mencari Sesuatu?

Kamis, 19 April 2012

Cara Apply Visa US

Sharing pengalaman tentang cara mendapatkan visa US
Bulan Februari tahun 2011 lalu saya dan tim (Riky n Mukti) mendapat kesempatan untuk pergi ke Amerika menuju negara bagian Lousiana-New Orleans, mengikuti kompetisi IFTSA (Institutes of Food Technologists-Student Asscociation). Wow rasanya senang, keren, bangga, dan juga sedikit takut karena kabarnya untuk mendapatkan visa ke negara Amerika sangatlah sulit, dan teman kompetitor kami pun dari Indonesia   juga menyatakan hal seperti itu karena ada salah satu anggotanya tidak disetujui aplikasi visanya.

Namun dibalik itu semua ini dia langkah - langkah saya untuk mendaftar visa ke amerika : 
1. Foto untuk visa, kerana foto harus di-submit ke aplikasi DS-160.  Lokasi saya di Malang, kemarin saya foto visa di Fujifilm deket brownies amanda arah menuju Sarinah, prinsipnya pada dasarnya foto dimanapun its okey namun kita harus mengetahui kisi2 foto visa karena memiliki aturan khusus yaitu background foto berwarna putih, bagi saya yang berkerudung saya tetap menutup rambut namun wajah saya tetap terlihat. saya menggunakan topi daleman untuk menutup rambut saya, dan saya tetap lolos kok, hehehe....

2. Apply visa hanya bisa dilakukan dengan sistem online yaitu menggunakan aplikasi DS-160, sebaiknya tentukan dimana kalian akan melakukan wawancara di konsulat Surabaya atau di Jakarta,  dan sebaiknya selalu menyimpan setiap halaman yang diisi yah.. karena kalo tidak akan langsung hilang ketika kita menutup jendela window tanpa menyimpannya.. ketika selesai mengisi formulir print formulir akhir yang memiliki barcode karena nanti akan digunakan untuk proses wawancara. 

4. Bayar biaya untuk membuat visa di bank yang sudah ditunjuk, kemarin saya membayar melalui Bank Permata, di bank permata kita akan mendapatkan nomor UID yang dibutuhin buat daftar visa. saya membayar di tahun 2011 kemarin seilai Rp.1.260.000,00

3. Then, mendaftarkan diri untuk jadwal wawancara, karena saya bertiga dan satu tim saya barengan tuh sama teman2 saya. aplikasi ini juga harus online. masuk ke website ustraveldocs.com dan lihat kotak warna biru bawah sebelah kiri disitu tertulus schedule my appointment. segera isi dan pilih waktu yang sesuai untuk jadwal wawancara, print formulir jadwal wawancara  

4.Kemarin saya bertiga langsung di wawancara (jangan lupa dibawa paspor, lembar jadwal wawancara,  lembar formulir yang ada barcodenya, lembar formulir pembayaran di bank pemata, official invitation letter dari IFT) , hehe lumayan lah mengurangi grogi, ternyata pertanyaannya cukup simpel dan yang paling saya ingat yaitu : 
- Tujuan anda ke US ? 
- Sudah pernah keluar negeri ?   
- kalo jawabannya iya , ngapain ? berlibur ? 

5. well,setelah itu pewawancara yang memang orang bule tersebut mengambil paspor kami dan mengatakan bahwa silahkan menunggu seminggu lagi untuk mengambil paspor saya di tempat yang telah ditunjuk yaitu RPX Fedex di surabaya, fiuhh lega... 

6. akhirnya, kami mendapatkan visa 5 tahun ke amerika... semangat buat kalian yang akan mendapatkan visa ke amerika.. 
:) 
    

1 komentar:

  1. mbak, aku mau tanya2 nih

    aku baru akan mengajukan permohonan untuk visa amerika, ini akan menjadi perjalanan pertama saya ke luar negri.
    Saya punya pacar yang tinggal di texas. Dia bekerja sebagai US Army. Dan dia mau menjadi sponsor saya, menanggung semua biaya perjalanan, dan biaya hidup selama saya di amerika. Kira-kira Visa saya bisa disetujui atau nggak ya, mengingat pacar saya bekerja di US goverment.

    Saya berencana untuk mengajukan permohonan visa dengan bantuan jasa travel agent, apakah itu bisa membantu kemungkinan besar saya bisa mendapatkan visa amerika ??

    terimakasih...

    BalasHapus